Rekomendasi Hosting Super Handal
 
 
 
K

esempatan kali ini saya akan mencoba merekomendasikan satu hosting GRATIS yang cukup handal buat bloger independen seperti saya wakakak, ya cukuplah buat sekedar upload-upload berkas bloging mah.. Spesifikasi yang ditawarkan oleh hosting ini:

Space 2000 MB (kapasitas ini cukup gede galau dibandingin dengan hosting gratis yang lain Cuma ngasih 250-500MB). Bandwidth 100GB. DNS zone editor. Layanan e-mail (IMAP/POP3/Webmail). Auto Installer (Joomla, Wordpress, etc.) Tidak ada iklan maupun banner. Untuk spesifikasi lebih jelasnya bisa dilihat disini: http://www.idhostinger.com/hosting-gratis

Nah! Kalau anda masih ragu dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh hosting ini, cari info aja dulu saoal hosting yang lain. tapi kalau anda tertarik coba anda langsung aja daftar. Caranya cukup mudah: Klik link ini http://idhostinger.com/ kemudian klik tab Order Sekarang kemudian akan muncul satu halaman yang berisi form isian terdiri dari Nama Anda, E-mail Anda (isikan dengan email yang masih aktif), Password (yang anda kehendaki *rekomendasi: menggunakan campuran karakter*), Ulangi Password Anda (harus sama dengan yang diinputkan pada form Password) dan Tulis Karakter di bawah ini (untuk memastikan bahwa anda adalah seorang manusia *bukan mesin*). Kemudian centang pernyataan "saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan" .

Dan selanjutnya klik tombol "Buat Akun", dan setelah tombol diklik akan tampil halaman informasi yang menyatakan "link aktifasi pendaftaran telah dikirim ke email yang kita cantumkan ketika mengisi form pendaftaran". Selanjutnya kita buka email (untuk mencek pesan dari idhosting) dan cari apakah ada pesan dari idhosting. jika ada buka link pesannya.

Dan pastikan kalau anda mendapatkan link aktifasi, seperti tampak pada gambar di bawah:

Dari screenshot di atas dapat kita lihat bahwa link pertama (yang paling atas) merupakan link aktifasi, dan link yang kedua (paling bawah) merupakan link login dengan menggunakan data Alamat Email dan Password yang ada diatasnya. Selanjutnya kita kilik link aktifasinya dan akan menuju satu halaman idhostiner. Kemudian klik menu kontrol panel (jika tidak ada, login dulu dengan email dan password yang anda miliki) lalu akan menampilkan popup yang menyatakan bahwa "anda tidak memiliki akun", kemudian klik link "buat baru" .

Setelah link di atas diklik maka akan muncul halaman pembuatan akun baru untuk kontrol panel, yang berisi beberapa isian, seperti terlihat pada gambar dibawah ini:

Disini anda memiliki dua pilihan mengenai domain yang bisa kita gunakan, pilihan pertama: "Saya ingin mengunakan domain saya sendiri", yang artinya jika anda sebelumnya telah memiliki domain sendiri yang berextensi com, org, net, web.id, dan yang gratisan co.cc, co.tv, tk. Atau jika anda tidak punya, maka anda bisa mendaftar domain terlebih dulu sebelum melanjutkan tahapan ini. Atau memilih pilihan yang kedua: "Saya ingin memilih subdomain gratis Anda (disarankan)," yang berarti alamat yang akan kita miliki merupakan subdomain dari domain default hostingnya yaitu .16mb.com (misalkan domain kita nantinya: w174rd.16mb.com). Dalam tutorial ini saya menggunakan pilihan pertama atau menggunakan domain sendiri. Ketika kita memilih pilihan pertama, maka dengan sendirinya form subdomain akan hilang dan digantikan dengan form domain. Kemudian kita isi kotak-kotak isiannya seperti, domain www. (dengan domain yang sudah kita miliki, atau sebebelum mengisi kotak ini anda harus memastikan bahwa domain yang akan dicantumkan di form ini masih valid *harus membuat domain dulu* dalam contoh ini saya menggunakan domain namasaya.tk), Hosting plan (pilih gratis), password (biar tidak ribet kita samakan saja dengan password pendaftaran hosting *beda lebih bagus, tapi jangan sapai lupa*), ulangi password (mengulangi password yang tadi) dan Tulis Karakter dari Gambar (untuk membedakan antara manusia dan mesin). Setelah semua isian diisi dengan baik maka selanjutnya kita tinggal mengklik tombol "Buat". Dan akan muncul halaman yang menginformasikan bahwa domain yang kita sisipkan telah berhasil menjadi portal pintu masuk menuju kontrol panel, tetapi portal ini membutuhkan waktu pointing DNS atau domain selama 12 jam agar bisa berfungsi dengan baik. Tapi, biasanya saya tidak sabar dan langsung mengakses http://cpanel.idhostinger.com untuk melakukan login dan langsung mengakses kontrol panelnya. Dan itu tidak perlu menunggu waktu 12 jam kalau hanya ingin melihat-lihat fitur-fitur yang ada dalam kontrol panel tersebut.

Sampi disini dulu ya tutorial singkat dari saya, tapi untuk lebih jelasnya anda bisa mendownload ebook-nya di: http://127.0.0.1/wordpress/2012/01/17/panduan-membuat-website-dinamis/

Kata kunci:

#

 


    Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!!!