Auto Mount Partisi di Linux (Elementary Os 0.4.1 Loki)
 
 
 
H

anya sekedar sharing pengalaman saja dan sebagai catatan pribadi jika lupa wkwkwk. Jadi ceritanya, OS yang saya pake sekarang yaitu Elementary Os 0.4.1 Loki dan kendala yang saya alami ketika memakai OS ini dari sisi partisinya. Ketika pertama kali komputer dinyalakan partisi yang memiliki format NTFS tidak langsung kebaca jadi harus dimount dulu beberapa saat (walaupun mountingnya gak langsung pake CLI tapi tinggal klik saja partisinya) tapi rasanya ribet juga karena berdasarkan penggunaan saya karena biasanya ketika komputer pertamakali dinyalakan saya akan membuka Android Studio (karena dipakai untuk bekerja) dan masalahnya si project androidnya tidak bisa langsung terbuka karena saya simpan di partisi NTFS tadi. Dan untuk menghandle masalah ini berarti partisinya harus di auto mount ketika proses booting, setelah membaca dan mencoba beberapa referensi yang saya temukan ternyata caranya cukup mudah, saya hanya perlu mengikuti langkah langkah sebagai berikut:

  1. Inputkan command berikut ke terminal.

    $ sudo fdisk -l
    
    tambah file poperties

    command tersebut bertujuan untuk melihat partisi mana yang mau dimounting otomatis. dan disini kita bisa lihat bahwa partisi yang mau saya auto mount adalah /dev/sda3

  2. buat directory yang menampung partisi tersebut

    saya buat di directory /media/w174rd/Data dimana media adalah directory system, w174rd adalah directory yang dibuat oleh system karena nama dari komputer saya adalah w174rd wkwkwk, Data adalah directory yang saya buat sendiri untuk menampung partisi tersebut. tambah file poperties untuk yang belum tau cara membuat directory menggunakan CLI linux:

     $ sudo mkdir /media/w174rd/Data
  3. Bakup file system yang akan diedit

    langkah ini sebenarnya hanya untuk antisipasi saja jika apa yang kita ubah ternyata error. perintahnya:

    $ sudo cp /etc/fstab /etc/fstab_backup
    
  4. Mulai mengedit file dengan text editor yang dimiliki

    karena text editor yang saya punya adalah Scratch maka saya akan menggunakan command berikut.

    $ sudo scratch-text-editor /etc/fstab
    

    dimana scratch-text-editor merupakan perintah dari text editor untuk mengedit file, jadi bisa menggunakan perintah text editor sesuai dengan selera kita masing-masing.

  5. Selanjutnya akan muncul jendela text editor dan kita masukan baris perintah berikut untuk membuat partisi auto mount di paling bawah (agar lebih mudah wkwkwk).

    /dev/sda3 /media/w174rd/Data ntfs nls=utf8,umask=000 0 0
    
    tambah file poperties

    dimana ntfs adalah type dari patisinya sementara umask=000 adalah permission yang berarti bahwa directory dan file yang ada dalam hasil mount tadi bisa diakses oleh siapapun alias tanpa permission. saya memilih permission itu karena biar gak ribet harus nginput password kalau mau mengedit file (untuk permission yang lainnnya saya cantumkan saja referensinya untuk bahan bacaan).

Setelah langkah-langkah diatas diikuti dengan baik, seharusnya partisi dapat langsung diakses tanpa harus dimount terlebih dahulu. Demikian informasi yang singkat ini semoga bermanfaat.

Sumber Bacaan:
https://aslibumiayu.net/905-mounting-partisi-ntfs-dan-fat-di-ubuntu.html
https://www.cyberciti.biz/tips/understanding-linux-unix-umask-value-usage.html
https://askubuntu.com/questions/113733/how-do-i-correctly-mount-a-ntfs-partition-in-etc-fstab

Kata kunci:

#linux#auto mount#boot#partisi#partition

 


    Jadilah Orang Pertama yang Berkomentar!!!